Badai Savannah akan terjang Perairan di Pesisir Selatan Jawa

perahu dihantam Ombak Tinggi
perahu dihantam Ombak Tinggi

Cilacap - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) melalui BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap menghimbau kepada masyarakat yang melakukan aktifitas melaut di selatan jawa.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, Jawa Tengah, Rendi Krisnawan mengatakan, pihaknya mengidentifikasi kemunculan badai tropis atau yang disebut dengan badai "Savannah" di Samudera Hindia barat daya Lampung.

"Badai ini dapat memicu terjadinya gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan. Karena Pusat badai ini memiliki tekanan 984 hektopascal (hPa) dan kecepatan angin maksimum 25 knot," Katanya Sabtu (16/3).

Selain itu Dia juga mengatakan, pola angin di Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari arah utara - timur laut.

Baca Juga :   Sirine Pencegahan Dini Tsunami Mulai Diuji BMKG di Cilacap

Sedangkan pola angin di Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari barat daya - barat laut.

Rendi menilai Badai ini dapat berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin yang cukup signifikan di beberapa wilayah

"kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Laut Jawa bagian timur, Selat Makasar bagian selatan, Laut Flores. Selain itu kecepatan angin tertinggi juga terpantau di Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Laut Maluku, Kepulauan Aru," Imbuhnya.

Selain itu rendi juga mengatakan, fenomena badai tersebut bisa berdampak pada tingginya gelombang di Selatan Jawa dan Yogyakarta.

Baca Juga :   BPBD Cilacap Menghimbau Kepada Warga Untuk Waspada Angin Ribut

"Akibat peningkatan kecepatan angin ini akan berdampak pada fenomena gelombang tinggi. Khusus di wilayah pesisir selatan Jawa dan Yogyakarta, gelombang diperkirakan mencapai 2,5 hingga 4 meter,” ucap rendi.

Rendi menerengkan, untuk kapal nelayan yang beroperasi di perairan dangkal, kecepatan angin dapat mencapai 15 knot dan tinggi gelombang 1,25 meter. Sedangkan kapal tongkang dan ferry, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 2,5 meter.

Untuk kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar, kecepatan angin dapat lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

Baca Juga :   BMKG Himbau Waspada Hujan Lebat Akhir Januari 2019

"Untuk itu, kami memberikan imbauan kepada masyarakat, nelayan dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di laut selatan Jawa untuk mempertimbangkan kondisi tersebut, dan peringatan ini berlaku sejak hari ini dan akan terus berlangsung hingga Selasa (19/3/2019) pekan depan," Tegas Rendi.

No ratings yet.

Please rate this