500 Penari Ebeg Mendem Massal di GOR Satri Purwokerto Banyumas

Blogger Cilacap

Banyumas - Ada 500 penari ebeg Banyumasan mendem masal dalam rangka penutupan kampanye terbuka Jokowi-Maruf di GOR Satria, Purwokerto pada Sabtu (13/4/2019).

Tahapan pemilu esok hari sudah memasuki masa tenang.

Sebagai acara puncak kampanye di Banyumas, Paguyuban Ebeg Banyumas (Pakumas) mengundang sebanyak 20 group ebeg se-Banyumas untuk memeriahkan acara.

"Acara ini adalah sebagai bentuk acara penutupan kampanye Jokowi-Maruf Amin. Kurang lebih ada sebanyak 3.000 masa penonton dan pendukung," ujar Suherman selaku ketua Paguyuban Ebeg Banyumasan (Pakumas) kepada Tribunjateng.com, Sabtu (13/4/2019).

Baca Juga :   Cabor Bola Voli Indoor Popda Eks Karesidenan Masih Didominasi oleh Banjarnegara

"Setelah saya amati kira-kira ada 500 orang yang mengalami mendem atau janturan (kesurupan masal)," tambahnya.

Acara berlangsung mulai pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB. Mendem bareng mengambil tema 'Eling-Eling Wong Eling Jokowi Maning'.

"Secara keseluruhan sebenarnya ada sebanyak 430 group ebeg di Kabupaten Banyumas. Tetapi yang kami undang adalah 20 group Ebeg. Sementara itu total penari ada 210 personel," ujar Suherman.

Baca Juga :   Ribuan Hektar Tanaman padi Di Banyumas Diterjang Banjir

Masing- masing group ebeg memiliki 25 anggota yang terdiri dari 10 penari ebeg, 10 penabuh atau pumusik dan 5 orang sinden.

Terselenggaranya acara Mendem Masal Ebeg Banyumasan menjadi akhir kampanye terbuka pendukung Jokowi-Maruf Amin di hari terakhir masa kampanye.

Para pendukung pasangan nomor urut 01 bersuka cita menari bersama para penari Ebeg.

"Kesenian Ebeg Banyumamas memang identik dengan warga pinggiran. Tetapi hal itulah yang coba kita ubah, bahwa Ebeg juga bisa menjadi seni yang patut diperhitungkan dengan seni-seni yang lain," Ujar Bejo Sabar Riyadi sebagai ketua penyelenggara acara. (Tribunjateng/jti)

Baca Juga :   Jelang Nataru, Kapolres Banyumas Ingatkan Bahaya Teroris

Sumber: Tribun Jateng

No ratings yet.

Please rate this