Pramuka Bakti Husada Baturraden Produli TBC

Blogger Cilacap

BANYUMAS : Dalam rangka memperingati hari  TBC sedunia yang jatuh setiap tanggal 24 maret, Satuan Karya Bakti Husada Kwartir Ranting Baturraden mengadakan aksi simpatik pembagian masker dan leaflet tentang TBC kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor roda dua di depan kantor kecamatan Baturraden.

Selain anggota Pramuka ikut dalam kegiatan pimpinan dan karyawan Puskesmas 1 Baturraden, serta didukung oleh Camat Baturraden, Danramil 02 Baturraden dan Kapolsek Baturraden.

Pimpinan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Baturaden Sofia Rahmani, SKM mengatakan, tujuan dari kegiatan pembagian masker untuk mensosialisasi kepada masyarakat tentang penularan dan cara pencegahan penyakit TBC.

Baca Juga :   Gumelar dan Kemranjen Jawara Cabor Bola Voli Mini O2SN SD/MI

“Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TBC ke udara melalui percikan dahak pada saat penderita TBC batuk, bersin atau berbicara”, kata Sofia.

Sementara itu Instruktur krida Penanggulangan Penyakit Nining Supriyati, S.Kep. mengatakan, masyarakat harus memahami gelaja - gejala TBC antara lain batuk berdahak 2 mmg atau batuk darah, sering demam tanpa sebab, nyeri dada, berkeringat pada malam hari tanpa aktifitas, nafsu makan menurun  dan berat badan menurun.

“Apabila menemukan gejala tersebut, maka masyarakat dihimbau dengan sukarela untuk memeriksakan diri ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan, untuk mendiagnosa TBC diperlukan spesimen yaitu dahak/ riak untuk pemeriksaan,  diperlukan dahak 2  kali, pagi hari sewaktu bangun tidur dan 1 kali bila akan dibawa ke puskesmas, pemeriksaan foto rontgen bila diperlukan untuk mendukung diagnosa” kata Nining.

Baca Juga :   26 desa di Banyumas belum Tentu Mengikuti Pilkades Serentak

Nining menambahkan untuk pengobatan diperlukan waktu  6  atau 9 bulan tergantung dari perkembangan dari penyakit penderita dengan melihat hasil follow up dahak pada bulan ke 2, ke 5 dan bulan ke 6.

Rizky Indah Pamungkas, Wakil ketua Dewan Saka Bakti Husada Kwarran Baturraden mengatakan, aksi simpatik peringati hari TBC sedunia merupakan program kerja Dewan Saka tahun 2019.

“Melalui kegiatan ini kita ingin mengedukasi kepada masyarakat cara memakai masker yang benar,  satu sisi warna putih dan sisi yang lain berwarna hijau maka cara pakai adalah  bila dalam  kondisi sehat maka sisi warna hijau yang menempel dikulit kita  sebaliknya apabila kita dalam kondisi sakit maka warna putihlah yang menempel dikulit kita” kata Rizky.
Sumber : rri.co.id
Source: Pramuka Bakti Husada Baturraden Produli TBC

No ratings yet.

Please rate this