KPU Cilacap Mulai Mendistribusikan Kotak Suara dan Logistik ke Kampung Laut

Blogger Cilacap

Cilacap - KPU Cilacap mulai mendistribusikan kotak suara dan logistik Pemilu 2019 ke wilayah Kecamatan Kampung Laut, Cilacap. Pendistribusiannya menggunakan kapal. Semua logistik pemilu seperti kotak suara dibungkus plastik agar tidak basah oleh air laut.

"Sementara kotak surat suara sudah dibungkus plastik, segel semua sudah, kecuali kena banjir sampai tenggelam kalau posisi ini aman, sudah dilakban," kata Staf KPU Cilacap, Yusuf kepada wartawan di Cilacap, Senin (15/4/2019).

Dia mengatakan pendistribusian kotak suara Pemilu 2019 ke 24 Kecamatan yang ada di Cilacap semua sudah selesai dilakukan. Sedangkan untuk Kecamatan Kampung laut yang terakhir dilakukan pengiriman logistik pemilu sebanyak 245 kotak suara.

"24 Kecamatan sudah selesai semua dan yang terakhir tinggal Kampung Laut. Semua sudah selesai," jelasnya.
KPU Cilacap distribusikan logistik pemilu ke Kampung Laut pakai kapal.KPU Cilacap distribusikan logistik pemilu ke Kampung Laut pakai kapal.

Baca Juga :   Ratusan Personil Gabungan Amankan Kegiatan Parade Budaya

Sementara menurut Kapolsek Kawunganten, AKP Budi suryanto pengawalan dan pengamanan kotak pemilu dan logistik dilakukan oleh Polsek Kawunganten. Sebab Kampung Laut sendiri belum terdapat Polsek, sehingga pengamanan masih menginduk dengan Polsek Kawunganten.

Untuk pendistribusian sendiri akan dilakukan hingga sampai ke PPK Kecamatan Kampung Laut dengan menggunakan 3 perahu. Logistik pemilu tersebut akan didistribusikan ke 4 Desa yang ada di kecamatan Kampung Laut yakni, Ujung Alang, Panikel, Ujung Gagak, Klaces.

"1 perahu langsung ke PPS Desa Ujung Alang, kemudian dari 2 perahu yang memuat 3 PPS akan transit di PPK Kecamatan Kampung Laut sebelum didistribusikan ke 3 desa lainnya," ujarnya.

Dia mengatakan sebanyak 49 TPS yang ada di 4 Desa di Kecamatan Kampung Laut berstatus rawan. Meskipun demikian rawan yang dimaksud bukanlah rawan situasi Kamtibmas atupun rawan politik. Namun rawan karena jarak tempuh pendistribusian yang jauh.

Baca Juga :   Tempat Wisata Di Kecamatan Kampung Laut Cilacap

"Semua berstatus rawan, tapi bukan rawan politik atau situasi Kamtibmas. Tapi karena jarak tempuh yang jauh serta letak geografis yang sulit ditempuh. Untuk pengantaran logistik kita sudah koordinasi dengan Polair mulai dari dermaga Seleko sampai PPK Kampung Laut," ucapnya.

Sementara menurut Camat Kampung Laut, Nurindra mengatakan pendistribusian kotak suara sore ini pukul 17.50 WIB telah tiba di Kecamatan Kampung Laut setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam. Pendistribusian kotak suara baru akan dilakukan besok pagi ke 3 desa lainnya yakni Panikel, Ujung Gagak, Kleces.

"DPT di Kecamatan Kampung Laut ada 11.800 pemilih. Sementara TPS ada 49 TPS tersebar di 4 Desa yang ada di Kampung laut," kata Nurinda.

Baca Juga :   Kapalnya Hancur Tabrak Karang, 1 Orang Nelayan Hilang 2 Diselamatkan

Dia mengatakan untuk pemilu, Kampung Laut menjadi garis merah dan selalu diawasi karena masalah goegrafis yang hanya bisa ditempuh menggunakan perahu dari Kota Cilacap.

"Yang selalu kita awasi adalah masalah geografis, kalau secara umum kelembagaan sudah terpenuhi semua sampai dengan KPPS, pengawas juga sudah. Hanya memang geografis yang menjadi titik yang kita awasi, karena geografisnya diperairan, apalagi dengan alat-alat pemilu yang rentan terhadap air, tentunya kami akan lebih ekstra hati-hati untuk dapat menyesuaikan ini," ucapnya.

Sumber: Detik News

No ratings yet.

Please rate this