MTsN 5 Cilacap Menggelar Outdoor Study

Wonderfull Cilacap
Wonderfull Cilacap

Cilacap – Salah satu faktor penentu keberhasilan belajar adalah motivasi yang tinggi. Lamanya belajar di ruang kelas terkadang menimbulkan raja jenuh. Sehingga diperlukan teknik tersendiri untuk membangun semangat belajar siswa. Cara memotivasi yang diambil MTsN 5 Cilacap dengan mengadakan Outdoor study sebagai penyegaran. Kegiatan tersebut dihelat pada Kamis (14/3) di areal wisata Goa Petruk Kecamatan Ayah, Kebumen.

Kepala MTsN 5 Cilacap, Toha Machfudi mengatakan bahwa, motivasi merupakan kunci utama keberhasilan proses pendidikan. Seperti apapun model dan pendekatan yang dilakukan, tetap memerlukan motivasi sebagai modal dasar. Dengan berbekal motivasi yang tinggi, maka tidak ada kata sulit. Motivasi menjadikan siswa menyukai kegiatan pembelajaran.

Baca Juga :   Target Pendapatan IMB Cilacap di 2019 Rp 4 M

Selain untuk menyegarkan suasana, pihaknya mengambil Outdoor study juga bertujuan untuk memberdayakan potensi kearifan lokal. Menurutnya, potensi wisata baik yang berupa keindahan alam dan keanekaragaman budaya lokal saat ini belum maksimal dikelola. Faktor sosialisasi sejak dini dan penanaman melalui pembelajaran dirasa masih kurang. Berangkat dari pemikiran tersebut, MTsN 5 mempraktekkan Outdoor Study.

“Melalui Outdoor Study, para siswa diarahkan untuk belajar menyatu dengan alam. Mereka dikenalkan dengan keaneka ragaman budaya lokal sebagai potensi wisata yang harus diberdayakan. Pelajaran agama dan sosial sangat sesuai ditempatkan pada ranah ini. Bagaimana menjadi orang yang beriman kaitannya dengan hubungan sesama manusia dan alam,”Ungkapnya dengan tegas.

Baca Juga :   Adanya Jembatan Gantung Warga Sidamulya Merasa Tidak Kesulitan Pergi Ke Jabar

Dijelaskan pula bahwa, pendidikan madrasah lahir setelah adanya sekolah. Karenanya diperlukan usaha-usaha nyata untuk lebih menggemakan madrasah di hati sanubari masyarakat. Dengan bersosialisasi langsung kepada masyarakat sekitar, publik akan merasa dihargai. Harapannya, masyarakat akan timbul rasa memiliki yang kuat terhadap madrasah.

Seiring dengan kebijakan pemerintah terhadap dunia pendidikan, kegiatan Outdoor Study hanya merambah lokasi wisata lokal. Sehingga tidak memerlukan biaya ekstra. Siswa hanya cukup menabung dengan menyisihkan sedikit uang saku. Transportasi menggunakan sepeda sehingga ekonomis, praktis dan menyehatkan.(Har)
Source: Kemenag Cilacap

No ratings yet.

Please rate this