Triwulan 2019, Pencabulan Mendominasi Kasus Kekerasan di Cilacap

grafik kasus kekerasan
grafik kasus kekerasan

CILACAP - Kasus pecabulan di Cilacap cukup memprihatinkan. Triwulan pertama tahun ini tercatat dari 17 kasus kekerasan 12 kasus diantaranya merupakan kasus percabulan.

“Mayoritas korban percabulan adalah anak perempuan di bawah umur. Pelaku didominasi oleh teman dekat. Orang dekat di sini bisa pacar dan anggota keluarga,” kata Kasi Peningkatan Kualitas Hidup Anak Dinas KB,PP dan PA Cilacap, Nurkhayani, Selasa (9/4) kemarin.

Jumlah tersebut dipastikan bertambah, karena data bulan April belum bertambah. Selain kasus percabulan, kekerasan di Cilacap yang masuk Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas KB,PP dan PA) Kabupaten Cilacap diantaranya yakni kasus lainnya kuasa asuh, dan sisanya dua kasus Kekerasan Dalam RUmah Tangga (KDRT).

Baca Juga :   Cilacap Raih Penghargaan Adipura Kota Sedang Terbersih

Sedangkan untuk kasus kuasa asuh, itu terjadi pada orang tua yang bercerai dan berebut kuasa asuh anak. Ada juga yang belum bercerai, tetapi sudah pisah rumah, juga sudah berebut kuasa asuh. Untuk menyelesaikan kasus kuasa asuh, pihaknya meminta keterangan kedua belah pihak, baik yang melaporkan dan yang dilaporkan. Baru kemudian meminta keterangan dari pihak anak.

Baca Juga :   Road To Kilau Raya di Cilacap Buat Puluhan Ribu Warga Bergoyang

Dia menambahkan, jumlah kasus kuasa asuh dan KDRT di Cilacap sangat mungkin lebih dari jumlah tersebut. Sebab tingkat perceraian di Kabupaten Cilacap cukup tinggi. “Tingkat perceraian yang tinggi pasti tidak akan lepas dari persoalan kuasa asuh. Oleh karena itu, jumlah tersebut masih sangat mungkin bertambah,” pungkasnya. (nas/din)
Radar Banyumas
Sumber:

No ratings yet.

Please rate this