Prakiraan Angin Kencang 25 Knot, BMKG Cilacap Berikan Peringatan Dini

Ilustrasi Gelombang Tinggi
Ilustrasi Gelombang Tinggi

Cilacap, Infonewscilacap.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui STASIUN Meteorologi BMKG Cilacap menghimbau kepada pengguna jasa kelautan untuk waspada.

Adapun BMKG Cilacap mengeluarkan himbauan peringatan dini gelombang tinggi karena di Samudra Hindia sebelah selatan Jateng dan DIY ketinggian gelombang diperkirakan bisa mencapai 4 meter dengan kecepatan angin maksimal 25 knot.

Pengamat cuaca BMKG Cilacap Feriharti Nugrohowati menjelaskan, Cuaca buruk ini dipicu adanya dua tekanan rendah di Samudra Hindia barat daya Lampung dan Samudra Hindia selatan Banten. Di kedua titik tersebut tekananannya rendah, mencapai 1.007 milibar.

Baca Juga :   Dengan Pentas Budaya, Bawaslu Deklarasikan Anti Politik Uang

"Ketinggian gelombang di pantai maksimal 2,5 meter dan di samudra mencapai 4 meter. Sedangkan kecepatan angin di pantai 20 knot dan di samudra 25 knot," Katanya.

Feriharti juga mengatakan bahwa kondisi cuaca buruk tersebut diperkirakan masih akan terjadi hingga tiga hari mendatang.

"Maka dengan kondisi seperti itu, kami meminta kepada seluruh pengguna jasa kelautan untuk berhati-hati. Sebab, cuaca di selatan perairan Jateng dan DIY kurang kondusif," Lanjutnya Feriharti, Kamis (7/3).

Baca Juga :   Sebuah Rumah Kosong di Cantelan Slarang Kesugihan Hangus Terbakar

Dia juga menghimbau kepada para nelayan terutama nelayan perahu kecil untuk waspada karena kondisi cuaca buruk pada saat ini.

"Kami mengimbau kepada nelayan yang masih melaut untuk tetap waspada. Sebab, dengan kondisi cuaca seperti itu, maka membahayakan bagi para nelayan terutama yang menggunakan perahu kecil, dan bisa menyebabkan perahu terbalik," Pungkasnya. (*)

No ratings yet.

Please rate this