Tingkatkan Derajat Pendidikan, Pemkab Canangkan Kampung Pendidikan

Banyumas
Banyumas

KBRN, Purbalingga: Guna meningkatkan derajat Pendidikan Purbalingga yang masih relative rendah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mencanangkan “Kampung Pendidikan” yang dimulai di Desa Kalitinggar Kecamatan Padamara, Senin (8/4/2019).

Acara tersebut dihadiri Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto, Ketua DPRD Purbalingga Tongat, Ketua Komisis IV DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan dan seluruh pejabat di jajaran Pemkab Purbalingga.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Tiwi mengatakan, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) purbalingga yang masih belum bisa bersaing dengan daerah lain salah satunya karena derajat Pendidikan yang masih rendah. Menurutnya, kunci dari terdongkraknya IPM Purbalingga dan pada umumnya Indonesia adalah Pendidikan yang bagus dan kesadaran akan Pendidikan yang tinggi.

Baca Juga :   Purbalingga Fokus Menuju Porwil Dulongmas

“Kita harus bahu membahu meningkatkan derajat Pendidikan di Purbalingga sehingga indicator IPM lain juga bisa terangkat,” kata Tiwi.

Tiwi memang berpendapat jika derajat Pendidikan anak-anak di Purbalingga tinggi, mereka akan mendapatkan pekerjaan yang layak dan berimplikasi pada terentaskannya kemiskinan. Dia menambahkan, dalam data disebutkan jumlah anak usia sekolah dasar (SD) yang bersekolah berada di angka 95% dan SMP 78%. Dia juga menyoroti angka putus sekolah yang tergolong tinggi dan dia meminta kepada semua pihak untuk turun tangan akan hal tersebut.

Baca Juga :   Ribuan WNA di Jateng, Dipantau Tim Pora

“Kami mohon kepada semua pihak untuk turun tangan agar lama sekolah di Purbalingga tinggi. Lama sekolah kita itu masih di kisaran 6,87 tahun atau hanya sampai kelas 1 SMP,” imbuhnya.

Ajakan Tiwi kepada yang hadir adalah memotivasi anak-anak yang masih dalam usia sekolah untuk terus bersekolah. Tiwi menilai, angka putus sekolah di Purbalingga tidak selalu disebabkan karena keterbatasan biaya. Tiwi menemui sebuah kasus banyak anak yang tidak bersekolah karena mala belajar dan orang tuanya tidak mendorong untuk bersekolah serius.

Dicanangkannya kampung Pendidikan akan memudahkan pemetaan gelontoran bantuan yang akan dikucurkan Pemkab Purbalingga. Tiwi meminta pihak terkait (Korwilcam dan guru) untuk mendata kebutuhan Pendidikan yang bisa diajukan untuk dibantu.

Baca Juga :   Jelang Hari Raya, BI Jamin Ketersediaan Uang Tunai

“Saya minta Korwil dan guru atau pihak lain untuk mendata anak yang putus sekolah dan kebutuhan apa saja yang bisa kami bantu. Nanti bantuan seperti KIP atau CSR kita gelontorkan,” pungkasnya. (spj)
Sumber : rri.co.id
Source: Tingkatkan Derajat Pendidikan, Pemkab Canangkan Kampung Pendidikan

No ratings yet.

Please rate this